Mengenal Desain Komunikasi VIsual


    Desain Komunikasi Visual
    Proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang terbaca dan terlihat. Desain Komunikasi Visualmerupakan perpaduan seni tradisional (menggunakan media kertas dan gambar) dengan teknologi digital.DKV 
    Fungsi Desain Komunikasi Visual
    Kegunaan dari mempelajari dan menguasai Desain Komunikasi Visual ini dapat menjadi sarana identifikasi, sarana instruksi dan informasi.
    Dengan membuat desain tentang seseorang atau sebuah produk, maka akan membuatnya menjadi lebih mudah dikenali. Terlebih bagi produk yang dijual, akan lebih mudah untuk dikenali dan menarik minat konsumen. Sebagai sarana instruksi dan informasi, desain komunikasi visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal lainnya dalam petunjuk, arah, skala, dan posisi. Kemudian fungsi lainnya adalah sebagai sarana promosi dan presentasi. Tujuan dari DKV adalah untuk menyampaikan pesan, mendapat perhatian (atensi) secara visual sehingga mudah diingat.

    Unsur – Unsur Desain Komunikasi Visual

    Unsur – unsur tersebut adalah warna. Dengan warna, orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan, atau membedakan sifat-sifat visual secara jelas. Unsur berikutnya adalah format. Format adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek. Dengan menggunakan unsur ini anda dapat menciptakan kontras dan penekanan pada objek desain anda. Berikutnya adalah tekstur, yang merupakan tampilan permukaan dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Selanjutnya ada ruang, yang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya pada objek yang sedang didesain. Lalu ada garis, yang merupakan unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga, bisa membentuk gambar garis lengkung, atau garis lurus. Unsur terakhir  bentuk, yaitu segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
    Pada Jurusan DKV akan dipelajari tentang desain, ilustrasi, fotografi, videografi dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Datang Calon Peserta Didik Baru SMK IT Nur Hasan Boarding School Tahun Pelajaran 2020 / 2021